Minggu pertama :

1. Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat :
Jawab : a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu social
2. Ilmu sosial dasar adalah :
Jawab : d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian
3. Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari :
Jawab : c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau colonial
4. Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah :
Jawab : c. likwidasi
5. Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya adalah:
Jawab : c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesi
6. ISD termasuk program pendidikan umu ( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk:
Jawab : a. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan asal masing-masing
7 Salah satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat :
Jawab : c. problem-oriented
8. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan :
Jawab : d. a, b dan c benar
9. Filsafat merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu filsafat adalah mempersoalkan:
Jawab : b. hadup dan kehidupan manusia didunia
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari kemampuan:
Jawab : a. personal
11.Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar:
Jawab : c. peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah sekitar
12.ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah :
Jawab : d. isd berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi materi
Minggu kedua

1. Dalam gerak penduduk, maka yang termasuk dalam gerak penduduk harian adalah :
Jawab: d. urbanisasi
2. Penduduk didefinisikan sebagai
Jawab : a. sejumlah manusia yang mendiami suatu taempat tertentu dalam jangka waktu tertentu
3. Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara yang sedang
berkembang pada umumnya adalah :
jawab : a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
4. Ciri utama mahluk sebagai insan sosial yang berkelompok adalah :
Jawab : d. adanya ketergantungan antara yang satu dengan yang lain
5. kelahiran dan kematian merupakan contoh dari unsur kependudukan. Faktor dasar kependudukan ini mempunyai arti
jawab : a. perubahan penduduk karena kelahiran dan kematian
6. Tinggi rendahnya tingkat kelahiran dihitung dari jumlah kelahiran per 1000 orang penduduk, misalnya 50 orang tiap 1000 per tahun. Tingkat kelahiran termasuk katagori sedang bila jumlah kelahiran
Jawab : b. 20 – 30
7. Tinggi rendahnya kematian dihitung dari jumlah kematian per 1000 penduduk tiap tahun, misalnya 10 orang pertahun. Tingkat kematian penduduk suatu negara termasuk kategori tinggi bila
Jawab : c.lebih dari 19
8. Pertambahan penduduk alami adalah pertambahan penduduk
Jawab : d. yang memperhitungkan perpindahan penduduk antar negara
9. Kadang-kadang terjadi perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain. Salah satu perpindahan itu disebut migrasi. Perpindahan penduduk disebut migrasi apabila
Jawab :a. di tempat baru ia menetap relatif cukup lama
10. Masalah kependudukan adalah masalah yang bersegi banyak. Sumber masalah penduduk adalah akibat dari :
Jawab : a. perbedaan kebutuhan dan kepentingan masing-masing wilayah
11. Pendapat Leslie yang disitat oleh Parsudi tentang pengertian masalah sosial adalah Jawab : a. suatu kondisi yang mempengaruhi kehidupan sebagian esar masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan / tidak disukai sehingga dirasa perlu untuk diatasi
12. Kebudayaan penting peranannya dan dapat dilihat sebagai mekanisme kontrol bagi tindakan-tindakan sosial manusia.Tapi bukan berarti bahwa setiap pengembangan kebudayaan dalam masyarakat harus
semuanya diterima. Hal ini dikarenakan :
jawab : a. a, b dan c salah
Minggu ketiga
1. –Menurut pendirian nativistik, bahwa pertumbuhan individu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir
-Pendapat par penganut empiristik berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata tidak bergantung pada lingkungan sedang dasar berperan penting
Jawaban : B
2. -Tahap pertumbuhan individu dari 0- kira-kira 2 tahun dinamakan masa estetik
-Tahap pertumbuhan individu dari 2 tahun sampai 7 tahun disebut masa vital
Jawaban : D
3. -Sifat khas pada anak masa intelektual antara lain adalah adanya kecenderungan memuji diri sendriri
-Adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit juga merupakan sifat khas pada anak masa intelektual
Jawaban : A
4. -Keluarga adalah unit terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat
-Perkawinan keluarga silang dapat terjadi pada keluarga yang memiliki kekerabatan kuat, maka menghindari marga yang hilang harus dilakukan perkawinan silang
Jawaban : B
5. -Funsi biologis yaitu kelurga merupakan tempat untuk melindungi para anggota keluarga dari kepanasan, atau penyakit
-Pendidikan agama bagi anggota keluarga semata-mata bersumber dari lingkungan masyarakat
Jawaban : D
6. -Elite dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hari menyerupai crowed, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain
-Dalam pengertian yang umum elite menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi
Jawaban : C
7. -Dalam arti yang khusus elite diartikan sekelompok pemuda yang ahli dibidang tertentu dan khususnya golongan masyarakat yang memegang kekuasaan
-Tipe masyarakat dan sifat kebudayaan tidak menentukan watak elite
Jawaban : D
8. -Ada dua kecenderungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu menitik beratkan pada fungsi sosial dan yang kedua pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral
-Kedua kecenderungan itu melahirkan dua macam elite yaitu elite eksternal dan elite internal
Jawaban : A
9. -Elite internal yaitu menyangkut integrasi moral serta solidaritas yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu
-Elite eksternal adalah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi, berhubungan dengan problem-problem tang memperlihatkan sifat yang keras
Jawaban : A
10. -Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain
-Peranan individu-individu di dalam massa tidak penting. Kenyataannya massa adalah bukan terdiri dari individu
Jawaban : B
11.-Kebiasaan, misalnya jika hendak pergi berpamitan kepada orang tua, saling bertanya dan menyapa teman
-Jika kebiasaan dilanggar akan dihukum berat dan di cambuk
Jawaban : B
12.-Sifat monopoli dalam suatu negara yaitu semua peraturan dan perundang-undangan mengenai semua orang tanpa terkecuali
-Negara syah menggunakan kekerasan fisik pada warga negara yang melanggar jika situasi terpaksa
Jawaban : C
13. -Sikap tunduk papa peraturan, permainan yang tradisional biasanya ada pada masa intelektual seorang anak
-Tidak mau diperintah dan merasa semua orang disekitarnya merasa sayang pada dirinya adalah masa sossial
Jawaban : C
15. Menurut A Lysen, individu berasal dari bahasa latin individiuum. Pengertian individu adalah : B
16. Setiap individu pasti akan mengalami perubahan tahap demi tahap yang sering disebut dengan pertumbuhan. Pengertian pertumbuhan individu adalah : B
17. Aliran psikologi gestald adalah salah satu aliran yang menyoroti pertumbuhan individu, menurut pendapatan aliran ini : C
18. Aliran asosiasi yang merupakan salah satu aliran yang menyoroti pertumbuhan, berpendapat bahwa : A
19. Salah satu pendirian yang menyoti pertumbuhan individu menyatakan bahwa pertumbuhan individu dipengaruhi oleh faktor-faktor (1)dasar-dasar sejak lahir (2)faktor lingkungan (3)faktor kematangan. Hal ini dikemukakan oleh : B
20. Dalam salah satu tahap pertumbuhannya seorang memiliki perkembangan utama menyangkut pancaindranya, disamping munculnya sifat-sifat seperti timbulanya kenakalan, kesadaran tentang “aku”nya dan keinginan untuk mengalami sesuatu. Hal yang dikemukakan ini merupakan gejala yang berada pada : B
Minggu keempat

1.. Pemuda biasanya ataermasuk dalam satu generasi, sedang gaenerasi itu sendiri
merupakan :
jawab : d. konstruksi pikiran untuk menjelaskan fenomena kesejarahan
2. Wadah kaderisasi pemuda yang dibentuk pada tahun 1973 oleh pemerintah adalah :
Jawab : b. KNPI
3. Socialization adalah suatu proses :
Jawab : b.anggota masyarakat di dalam keluarga saling mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana mereka menjadi anggota
4. Kontak sosial dapat berlangsung dalam 3 bentuk antara lain :
Jawab : d. a, b dan c benar
5. Ada beberapa keadaan yang merupakan penghalang terhadap terjadinya suatu interaksi sosial, antara lain :
Jawab : d. a, b dan c bernar
6. Bentuk-bentuk interaksi sosial dapat berupa
Jawab : d. a, b dan c benar
7. Giilan-Gillin mengadakan penggolongan yang lebih luas lagi tentang proses sosial yang timbul akibat adanya interaksi sosial, diantaranya adalah :
Jawab : a. proses asosiatip (processes of association)
8. Proses asimilasi timbul bila ada :
Jawab : c. dan b benar
9. Jawab : a. PERNYATAAN 1 & 2 BENAR
10. Jawab : d. PERNYATAAN 1 & 2 SALAH

Senin, 14 Maret 2011

Bab 2. Manusia dan Kebudayaan

Bab 2.
Manusia dan Kebudayaan


Manusia dan kebudayaan merupakan dua hal yang tidak dapat dipisahkan/ saling terkait satu sama lain. Dalam uraian kali ini akan dibahas tentang pengertian-pengertian dasar manusia dan kebudayaan yang dirangkum dari materi pelajaran Ilmu Budaya Dasar.

1. A. Manusia
Di dalam dunia ini, manusia memegang peranan yang unik dan dapat dipandang dari banyak segi/ sudut pandang. Ada dua pandangan yang dapat kita jadikan acuan untuk menjelaskan tentang unsur-unsur yang membangun manusia
- Manusia terdiri dari empat unsur yang saling terkait, yaitu jasad, hayat, ruh, dan pengertian diri.
1. Jasad; yaitu badan kasar manusia yang nampak pada luarnya, dapat diraba, dan difoto, dan menempati ruang dan waktu.
2. Hayat; yaitu mengandung unsure hidup, yang ditandai dengan gerak
3. Ruh; yaitu bimbingan dan pimpinan Tuhan, daya yang bekerja secara spiritual dan memahami kebenaran, suatu kemampuan mencipta yang bersift konseptual yang menjadi pusat lahirnya kebudayaan.
4. Nafs; dalam pengertian diri atau keakuan, yaitu kesadaran tentan diri sendiri

- Manusia sebagai suatu kepribadian yang mengandung tiga unsur yaitu Id, Ego, dan Superego
1. Id. Yang merupakan struktur kepribadian yang paling primitive dan paling tidak nampak. Id merupakan libido murni, atau energi psikis yang menunjukkan cirri alami yang irrasional dan terkait masalah sex, yang secara instingtual menentukan proses-proses ketidaksadaran. Id tidak berhubungan dengan lingkungan luar diri, tetapi terkait dengan struktur lain kepribadian yang pada gilirannya menjadi mediator antara insting Id dengan dunia luar.
2. Ego. Merupakan bagian atau struktur kepribadian yang pertama kali dibedakan dari Id, seringkali disebut sebagai kepribadian “eksekutif” karena peranannya dalam menghubgunkan energi Id ke dalam saluran osial yang dapat dimengerti oleh orang lain.
3. Superego. Merupakan struktur kepribadian yang paling akhir, muncul kira-kira pada usia limat tahun. Dibandingkan dengan Id dan ego, yang berkembang secara internal dalam diri individu, superego terbentuk dari lingkungan eksternal. Jadi superego menunjukkan pola aturan yang dalam derajat tertentu menghasilkan control diri melalui sistem imbalan dan hukuman yang terinternalisasi

B. Hakekat Manusia
- mahluk ciptaan Tuhan yang terdiri dari tubuh dan jiwa sebagai satu kesatuan yang utuh
- mahluk ciptaan Tuhan yang paling sempurna, jika dibandingkan dengan mahluk lainnya.
- mahluk biokultural, yaitu mahluk hayati yang budayawi.
- mahluk ciptaan Tuhan yang terikat dengan lingkungan(Ekologi), mempunyai kualitas dan martabat karena kemampuan bekerja dan berkarya.

C. Pengertian Kebudayaan
kebudayaan merupakan keseluruhan ari pengetahuan manusia sebagai mahluk sosial, yang digunakan untuk menginterpretasikan dan memahami lingkungan yang dihadapi, untuk memenuhi segala kebutuhannya serta mendorong terwujudnya kelakuan manusia itu sendiri.Atas dadar itulah para ahli mengemukakan adanya unsure kebudayaan yang umumnya diperinci menjadi 7 unsur yaitu :
1. unsur religi
2. sistem kemasyarakatan
3. sistem peralatan
4. sistem mata pencaharian hidup
5. sistem bahasa
6. sistem pengetahuan
7. seni
ada banyak pendapat yang bermunculan dari berbagai sarjana-sarjana dan para ahli di seluruh dunia. Seperti contohnya 2 orang antropolog terkenal yaitu Melville J.Herkovits dan Bronislaw Malinowski mengemukakan bahwa Cultural Determinism berarti segala sesuatu yang terdapat di dalam masyarakat ditentukan oleh adanya kebudayaan yang dimiliki masyarakat itu. Kebudayaan jika dikaji dari asal kata bahasa sansekerta berasal dari kata budhayah yang berarti budi atau akal. Dalam bahasa latin, kebudayaan berasal dari kata colere, yang berarti mengolah tanah. Jadi dapat disimpulkan bahwa kebudayaan mancakup segala aspek kehidupan manusia, baik yang secara material maupun non material..
Sistem nilai dan gagasan utama sebagai hakekat kebudayaan terwujud dalam tiga sistem kebudayaan secara terperinci, yaitu sistem ideologi, sistem sosial dan sistem teknologi.

D. Unsur-unsur kebudayaan
Yang dimaksud dengan unsur kebudayaan disini adalalah apa saja sesungguhnya kebudayaan itu, sehingga kebudayaan disini lebih mengandung makna totalitas dari pada sekedar penjumlahan unsur-unsur yang terdapat di dalamnya.
Kluckholn di dalam karyanya berjudul Universal Categories of Culture mengemukakan, bahwa ada tujuh unsur kebudayaan universal yaitu:
- Sistem Religi : manusia yang memiliki kecerdasan pikiran dan perasaan luhur, tanggap bahwa di atas kekuatan dirinya terdapat kekuatan lain yang maha besar yaitu Tuhan YME
- Sistem organisasi kemasyarakatan : merupakan produk manusia sebagai homo socius. Manusia sadar bahwa dia butuh bekerjasama dengan membentuk organisasi agar dapat meningkatkan kesejahteraan hidupnya.
- Sistem Pengetahuan : merupakan produk manusia sebagai homo sapiens. Pengetahuan dapat diperoleh dari pemikiran sendiri, disamping itu juga didapat dari orang lain. Manusia saling mengajarkan satu sama lain dengan berbagai macam cara secara turun menurun.
- Sistem mata pencaharian hidup dan sistem-sistem ekonomi : Merupakan produk manusia sebagai homo economicus menjadikan tingkat kehidupan manusia secara umum terus meningkat.
- Sistem teknologi dan peralatan
- Bahasa
- Kesenian : merupakan hasil dari produk manusia sebagai homo aesteticus.
E. Wujud Kebudayaan
Menurut dimensi wujudnya, kebudayaan mempunyai 3 wujud yaitu :
- kompleks gagasan, konsep, dan pikiran manusia
- kompleks aktivitas
- wujud sebagai benda
Ketiga wujud dari kebudayaan tadi, dalam kenyataan kehidupan masyarakat tak terpisah satu sama lain. Kebudayaan ideal dan adat istiadat mengatur dan memberi arah kepada karya dan tindakan manusia.

F. Perubahan Kebudayaan
Tidak ada kebudayaan yang statis, semua kebudayaan mempunyai dinamika dan gerak. Gerak kebudayaan sebenarnya adalah gerak manusia yang hidup dalam masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan tadi. Gerak manusia terjadi oleh karena ia mengadakan hubungan-hubungan dengan manusia lainnya. Artinya, karena terjadi hubungan antar kelompok manusia di dalam masyarakat. Terjadinya gerak/ perubahan ini disebabkan oleh beberapa hal :
1. Sebab-sebab yang berasal dari dalam masyarakat dan kebudayaan sendiri, misalnya perubahan jumlah dan komposisi penduduk.
2. Sebab-sebab perubahan lingkungan alam dan fisik tempat mereka hidup. Masyarakat
Perubahan ini, selain karena jumlah penduduk dan komposisinya, juga karena adanya difusi kebudayaan, penemuan-penemuan baru khususnya teknologi dan informasi.
Perubahan sosial adalah segala perubahan pada lembaga-lembaga kemasyarakatan di dalam suatu masyarakat, yang mempengaruhi sistem sosialnya, termasuk didalamnya nilai-nilai, sikap-sikap dan pola-pola perilaku di antara kelompok-kelompok dalam masyarakat.
Perubahan kebudayaan atau akulturasi terjadi apabila suatu kelompok manusia dengan kebudayaan tertentu dihadapkan pada unsur-unsur suatu kebudayaan asing yang berbeda sedemikian rupa, sehingga unsur-unsur kebudayaan asing tersebut dengan lambat laun diterima dan diolah kedalam kebudayaan itu sendiri, tanpa menyebabkan hilangnya kepribadian kebudayaan itu sendiri.
Perubahan kebudayaan pada dasarnya tidak lain dari para perubahan manusia yang hidup dalam masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan itu. Perubahan itu terjadi karena manusia mengadakan hubungan dengan manusia lainnya, atau karena hubungan antara kelompok manusia dalam masyarakat. Tidak ada kebudayaan yanga statis, setiap perubahan kebudayaan mempunyai dinamika, mengalami perubahan; perubahan itu akibat dari perubahan masyarakat yang menjadi wadah kebudayaan tersebut.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar