Minggu pertama :

1. Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat :
Jawab : a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu social
2. Ilmu sosial dasar adalah :
Jawab : d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian
3. Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari :
Jawab : c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau colonial
4. Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah :
Jawab : c. likwidasi
5. Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan, maksudnya adalah:
Jawab : c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi dalam bidang profesi
6. ISD termasuk program pendidikan umu ( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk:
Jawab : a. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan asal masing-masing
7 Salah satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat :
Jawab : c. problem-oriented
8. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan :
Jawab : d. a, b dan c benar
9. Filsafat merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu filsafat adalah mempersoalkan:
Jawab : b. hadup dan kehidupan manusia didunia
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari kemampuan:
Jawab : a. personal
11.Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas pada bidang keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar:
Jawab : c. peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah sekitar
12.ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah :
Jawab : d. isd berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial berorientasi materi
Minggu kedua

1. Dalam gerak penduduk, maka yang termasuk dalam gerak penduduk harian adalah :
Jawab: d. urbanisasi
2. Penduduk didefinisikan sebagai
Jawab : a. sejumlah manusia yang mendiami suatu taempat tertentu dalam jangka waktu tertentu
3. Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara yang sedang
berkembang pada umumnya adalah :
jawab : a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
4. Ciri utama mahluk sebagai insan sosial yang berkelompok adalah :
Jawab : d. adanya ketergantungan antara yang satu dengan yang lain
5. kelahiran dan kematian merupakan contoh dari unsur kependudukan. Faktor dasar kependudukan ini mempunyai arti
jawab : a. perubahan penduduk karena kelahiran dan kematian
6. Tinggi rendahnya tingkat kelahiran dihitung dari jumlah kelahiran per 1000 orang penduduk, misalnya 50 orang tiap 1000 per tahun. Tingkat kelahiran termasuk katagori sedang bila jumlah kelahiran
Jawab : b. 20 – 30
7. Tinggi rendahnya kematian dihitung dari jumlah kematian per 1000 penduduk tiap tahun, misalnya 10 orang pertahun. Tingkat kematian penduduk suatu negara termasuk kategori tinggi bila
Jawab : c.lebih dari 19
8. Pertambahan penduduk alami adalah pertambahan penduduk
Jawab : d. yang memperhitungkan perpindahan penduduk antar negara
9. Kadang-kadang terjadi perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain. Salah satu perpindahan itu disebut migrasi. Perpindahan penduduk disebut migrasi apabila
Jawab :a. di tempat baru ia menetap relatif cukup lama
10. Masalah kependudukan adalah masalah yang bersegi banyak. Sumber masalah penduduk adalah akibat dari :
Jawab : a. perbedaan kebutuhan dan kepentingan masing-masing wilayah
11. Pendapat Leslie yang disitat oleh Parsudi tentang pengertian masalah sosial adalah Jawab : a. suatu kondisi yang mempengaruhi kehidupan sebagian esar masyarakat sebagai sesuatu yang tidak diinginkan / tidak disukai sehingga dirasa perlu untuk diatasi
12. Kebudayaan penting peranannya dan dapat dilihat sebagai mekanisme kontrol bagi tindakan-tindakan sosial manusia.Tapi bukan berarti bahwa setiap pengembangan kebudayaan dalam masyarakat harus
semuanya diterima. Hal ini dikarenakan :
jawab : a. a, b dan c salah
Minggu ketiga
1. –Menurut pendirian nativistik, bahwa pertumbuhan individu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir
-Pendapat par penganut empiristik berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata tidak bergantung pada lingkungan sedang dasar berperan penting
Jawaban : B
2. -Tahap pertumbuhan individu dari 0- kira-kira 2 tahun dinamakan masa estetik
-Tahap pertumbuhan individu dari 2 tahun sampai 7 tahun disebut masa vital
Jawaban : D
3. -Sifat khas pada anak masa intelektual antara lain adalah adanya kecenderungan memuji diri sendriri
-Adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit juga merupakan sifat khas pada anak masa intelektual
Jawaban : A
4. -Keluarga adalah unit terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat
-Perkawinan keluarga silang dapat terjadi pada keluarga yang memiliki kekerabatan kuat, maka menghindari marga yang hilang harus dilakukan perkawinan silang
Jawaban : B
5. -Funsi biologis yaitu kelurga merupakan tempat untuk melindungi para anggota keluarga dari kepanasan, atau penyakit
-Pendidikan agama bagi anggota keluarga semata-mata bersumber dari lingkungan masyarakat
Jawaban : D
6. -Elite dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hari menyerupai crowed, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain
-Dalam pengertian yang umum elite menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi
Jawaban : C
7. -Dalam arti yang khusus elite diartikan sekelompok pemuda yang ahli dibidang tertentu dan khususnya golongan masyarakat yang memegang kekuasaan
-Tipe masyarakat dan sifat kebudayaan tidak menentukan watak elite
Jawaban : D
8. -Ada dua kecenderungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu menitik beratkan pada fungsi sosial dan yang kedua pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral
-Kedua kecenderungan itu melahirkan dua macam elite yaitu elite eksternal dan elite internal
Jawaban : A
9. -Elite internal yaitu menyangkut integrasi moral serta solidaritas yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu
-Elite eksternal adalah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi, berhubungan dengan problem-problem tang memperlihatkan sifat yang keras
Jawaban : A
10. -Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain
-Peranan individu-individu di dalam massa tidak penting. Kenyataannya massa adalah bukan terdiri dari individu
Jawaban : B
11.-Kebiasaan, misalnya jika hendak pergi berpamitan kepada orang tua, saling bertanya dan menyapa teman
-Jika kebiasaan dilanggar akan dihukum berat dan di cambuk
Jawaban : B
12.-Sifat monopoli dalam suatu negara yaitu semua peraturan dan perundang-undangan mengenai semua orang tanpa terkecuali
-Negara syah menggunakan kekerasan fisik pada warga negara yang melanggar jika situasi terpaksa
Jawaban : C
13. -Sikap tunduk papa peraturan, permainan yang tradisional biasanya ada pada masa intelektual seorang anak
-Tidak mau diperintah dan merasa semua orang disekitarnya merasa sayang pada dirinya adalah masa sossial
Jawaban : C
15. Menurut A Lysen, individu berasal dari bahasa latin individiuum. Pengertian individu adalah : B
16. Setiap individu pasti akan mengalami perubahan tahap demi tahap yang sering disebut dengan pertumbuhan. Pengertian pertumbuhan individu adalah : B
17. Aliran psikologi gestald adalah salah satu aliran yang menyoroti pertumbuhan individu, menurut pendapatan aliran ini : C
18. Aliran asosiasi yang merupakan salah satu aliran yang menyoroti pertumbuhan, berpendapat bahwa : A
19. Salah satu pendirian yang menyoti pertumbuhan individu menyatakan bahwa pertumbuhan individu dipengaruhi oleh faktor-faktor (1)dasar-dasar sejak lahir (2)faktor lingkungan (3)faktor kematangan. Hal ini dikemukakan oleh : B
20. Dalam salah satu tahap pertumbuhannya seorang memiliki perkembangan utama menyangkut pancaindranya, disamping munculnya sifat-sifat seperti timbulanya kenakalan, kesadaran tentang “aku”nya dan keinginan untuk mengalami sesuatu. Hal yang dikemukakan ini merupakan gejala yang berada pada : B
Minggu keempat

1.. Pemuda biasanya ataermasuk dalam satu generasi, sedang gaenerasi itu sendiri
merupakan :
jawab : d. konstruksi pikiran untuk menjelaskan fenomena kesejarahan
2. Wadah kaderisasi pemuda yang dibentuk pada tahun 1973 oleh pemerintah adalah :
Jawab : b. KNPI
3. Socialization adalah suatu proses :
Jawab : b.anggota masyarakat di dalam keluarga saling mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana mereka menjadi anggota
4. Kontak sosial dapat berlangsung dalam 3 bentuk antara lain :
Jawab : d. a, b dan c benar
5. Ada beberapa keadaan yang merupakan penghalang terhadap terjadinya suatu interaksi sosial, antara lain :
Jawab : d. a, b dan c bernar
6. Bentuk-bentuk interaksi sosial dapat berupa
Jawab : d. a, b dan c benar
7. Giilan-Gillin mengadakan penggolongan yang lebih luas lagi tentang proses sosial yang timbul akibat adanya interaksi sosial, diantaranya adalah :
Jawab : a. proses asosiatip (processes of association)
8. Proses asimilasi timbul bila ada :
Jawab : c. dan b benar
9. Jawab : a. PERNYATAAN 1 & 2 BENAR
10. Jawab : d. PERNYATAAN 1 & 2 SALAH

Rabu, 17 November 2010

PERAN PEMUDA DALAM MENGATASI DAN MENGHADAPI BENCANA ALAM

Pada pembahasan kali ini kita akan membahas tentang peranan pemuda dalam mengatasi dan menghadapi bencana alam. 
Seperti yang kita tahu pada saat ini negara kita Indonesia tengah ditimpa bencana yang datang bertubi-tubi. Seperti bencana wasior, gunung merapi, dan banjir yang belum ada penyelesaiannya. Mungkinkah ini adalah peringatan Tuhan kepada kita agar kita ingat kepada-NYA, semua ini mungkin kehendak Tuhan, namun kita tidak boleh berduka karena dalam setiap bencana memiliki hikmah didalamnya. Sebagai pemuda kita harus menjadikan ini sebagai suatu pelajaran bahwa kita harus lebih waspada akan bencana yang mungkin akan terjadi. Pada saat ini yang negara kita butuhkan ialah para pemuda-pemuda indonesia yang berSDM tinggi untuk menyelesaikan masalah-masalah yang tengah terjadi dinegara kita.
Dalam mengatasi kejadian yang terjadi, kita sebagai pemuda seharusnya peduli dan ikut menolong para korban bencana, karena kita hidup di bumi ini saling membutuhkan satu sama lain sehingga kita harus menolong sesama apabila terjadi sebuah bencana. Pertolongan yang dapat dilakukan dapat bersifat moriil seperti kita ikut menjadi sukarelawan atau membantu para korban bencana dalam menghilangkan trauma yang telah terjadi, maupun materiil seperti kita membantu menghimpun dana dan menyisihkan sebagian uang kepada para korban bencana. Keperdulian kita sangat dibutuhkan para korban bencana karena dengan keperdulian kita, kita dapat meringankan beban para korban bencana.
Selain itu kita harus tetap berdoa kepada tuhan agar bencana yang tengah terjadi di negri ini segera berakhir.
 
Namun sebelum itu terjadi kembali baiknya kita sebagai pemuda mari kita menjaga lingkungan karena bumi kita kini telah tidak muda lagi. Siapa lagi yang akan menjaga bumi ini selain para generasi muda? Mungkinkah bumi ini akan selalu ada untuk kita apabila para generasi muda kita melakukan hal-hal yang selalu merusak bumi ini?
Semua jawaban ada dalam diri kita para generasi muda, karena kita yang akan menjadikan apa bumi kita ini kelak. Maka dari itu mari para pemuda kita mulai belajar untuk menghargai sesama dan melestarikan bumi ini untuk para generasi masa depan.
Minggu pertama :

1.  Mata kuliah pengantar ilmu sosial bersifat :
Jawab : a. memberi arahan penekanan materi seluruh ilmu-ilmu social
2. Ilmu sosial dasar adalah :
Jawab : d. pengetahuan yang menelaah masalah-masalah sosial yang menggunakan pengertian-pengertian ( fakta, teori, konsep) berasal dari berbagai bidang pengetahuan keahian
3. Latar belakang diberikannya ISD pada prinsipnya adalah menghindari :
Jawab : c. anggapan bahwa sistem pendidikan kita tidak berbau colonial
4.  Tenaga ahli yang dihasilkan oleh perguruan tinggi diharapkan memiliki tiga ketrampilan yang tidak termasuk kedalam kemampuan ini adalah :
Jawab : c. likwidasi
5.  Profesional adalah kemampuan dalam bidang profesi tenaga ahli yang bersangkutan,   maksudnya adalah:
Jawab : c. para tenaga ahli diharapkan memiliki pengetahuan dan ketrampilan yang tinggi         dalam bidang profesi
6. ISD termasuk program pendidikan umu ( MKDU ) , tujuan dari MKDU adalah untuk:
Jawab : a. memperluas cakrawala perhatian dan pengetahuan para mahasiswa sehingga  tidak terbatas pada bidang pengetahuan keahlian golongan asal masing-masing
7   Salah satu definisi ISD adalah ilmu-ilmu sosial yang dipergunakan dalam pendekatan, sekaligus sebagai sarana jalan keluar untuk mencari pemecahan masalah-masalah sosial yang berkembang dalam kehidupan masyarakat. Dari pernyataan itu maka ISD itu bersifat :
Jawab : c. problem-oriented
8. Ilmu pengetahuan sosial ( IPS ) merupakan :
Jawab : d. a, b dan c benar
9. Filsafat merupakan sumber ilmu pengeatahuan alam maupun sosial. Hakekat dari ilmu filsafat adalah mempersoalkan:
Jawab : b. hadup dan kehidupan manusia didunia
10. Menghadapi era globalisasi, lulusan perguruan tinggi dituntut kualitasnya secara memadai. Kualitas tersebut harus terlihat dengan diperolehnya pengetahuan, sikap, tingkah laku dan tindakan sebagai cerminan kepribadian Indoensia. Perolehan-perolehan ini adalah merupakan sebgaian dari kemampuan:
Jawab : a. personal
11.Lulusan perguruan tinggi perlu memiliki wawasan yang tidak terbatas pada bidang   keahliannya. ISD adalah bagian dari program mata kuliah dasar umum untuk membawa mahasiswa agar:
Jawab : c. peka,terbuka, dan ada rasa tanggungjawab terhadap masalah sekitar
12.ISD dan pengetahuan sosial dibedakan keduanya dalam hal orientasi atas pendekatan yang dilakukan. Beda keduanya adalah :
Jawab : d. isd berorientasi inter disiplin, pengetahuan sosial  berorientasi materi
Minggu kedua

1. Dalam gerak penduduk, maka yang termasuk dalam gerak penduduk harian adalah :
Jawab: d. urbanisasi
2. Penduduk didefinisikan sebagai
Jawab : a. sejumlah manusia yang mendiami suatu taempat tertentu dalam jangka waktu  tertentu
3.  Kebijaksanaan kependudukan yang sering ditempuh oleh negara-negara yang sedang
berkembang pada umumnya adalah :
jawab : a. menghambat kecepatan pertumbuhan penduduk
4.  Ciri utama mahluk sebagai insan sosial yang berkelompok adalah :
Jawab : d. adanya ketergantungan antara yang satu dengan yang lain
5.      kelahiran dan kematian merupakan contoh dari unsur kependudukan. Faktor dasar kependudukan ini mempunyai arti
jawab : a. perubahan penduduk karena kelahiran dan kematian
6.      Tinggi rendahnya tingkat kelahiran dihitung dari jumlah kelahiran per 1000 orang penduduk, misalnya 50 orang tiap 1000 per tahun. Tingkat kelahiran termasuk katagori sedang bila jumlah kelahiran
Jawab : b. 20 – 30
7.      Tinggi rendahnya kematian dihitung dari jumlah kematian per 1000 penduduk tiap tahun, misalnya 10 orang pertahun. Tingkat kematian penduduk suatu negara termasuk kategori tinggi bila
Jawab :  c.lebih dari 19
8.      Pertambahan penduduk alami adalah pertambahan penduduk
Jawab : d. yang memperhitungkan perpindahan penduduk antar negara
9.      Kadang-kadang terjadi perpindahan penduduk dari satu wilayah ke wilayah lain. Salah satu perpindahan itu disebut migrasi. Perpindahan penduduk disebut migrasi apabila
Jawab :a. di tempat baru ia menetap relatif cukup lama
10.  Masalah kependudukan adalah masalah yang bersegi banyak. Sumber masalah penduduk adalah akibat dari :
Jawab : a. perbedaan kebutuhan dan kepentingan masing-masing wilayah
11.  Pendapat Leslie yang disitat oleh Parsudi tentang pengertian masalah sosial adalah Jawab : a. suatu  kondisi yang mempengaruhi kehidupan sebagian esar masyarakat sebagai sesuatu  yang tidak diinginkan / tidak disukai sehingga dirasa perlu untuk diatasi
12.  Kebudayaan penting peranannya dan dapat dilihat  sebagai mekanisme kontrol  bagi tindakan-tindakan sosial manusia.Tapi bukan berarti bahwa setiap pengembangan kebudayaan dalam masyarakat harus
semuanya diterima. Hal ini dikarenakan :
jawab : a. a, b dan c salah
Minggu ketiga
1.      –Menurut pendirian nativistik, bahwa pertumbuhan individu semata-mata ditentukan oleh faktor-faktor yang dibawa sejak lahir
-Pendapat par  penganut empiristik berpendapat bahwa pertumbuhan individu semata-mata tidak bergantung pada lingkungan sedang dasar berperan penting
Jawaban : B
2.      -Tahap pertumbuhan individu dari 0- kira-kira 2 tahun dinamakan masa estetik
-Tahap pertumbuhan individu dari 2 tahun sampai 7 tahun disebut masa vital
Jawaban : D
3.      -Sifat khas pada anak masa intelektual antara lain adalah adanya kecenderungan memuji diri sendriri
-Adanya minat kepada kehidupan praktis sehari-hari yang konkrit juga merupakan sifat khas pada anak masa intelektual
Jawaban : A
4.      -Keluarga adalah unit terkecil yang sekaligus merupakan suatu kelompok kecil dalam masyarakat
-Perkawinan keluarga silang dapat terjadi pada keluarga yang memiliki kekerabatan kuat, maka menghindari marga yang hilang harus dilakukan perkawinan silang
Jawaban : B
5.      -Funsi biologis yaitu kelurga merupakan tempat untuk melindungi para anggota keluarga dari kepanasan, atau penyakit
-Pendidikan agama bagi anggota keluarga semata-mata bersumber dari lingkungan masyarakat
Jawaban : D
6.      -Elite dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hari menyerupai crowed, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain
-Dalam pengertian yang umum elite menunjukkan sekelompok orang yang dalam masyarakat menempati kedudukan tinggi
Jawaban : C
7.      -Dalam arti yang khusus elite diartikan sekelompok pemuda yang ahli dibidang tertentu dan khususnya golongan masyarakat yang memegang kekuasaan
-Tipe masyarakat dan sifat kebudayaan tidak menentukan watak elite
Jawaban : D
8.      -Ada dua kecenderungan yang digunakan untuk menentukan elite dalam masyarakat yaitu  menitik beratkan pada fungsi sosial dan yang kedua pertimbangan-pertimbangan yang bersifat moral
-Kedua kecenderungan itu melahirkan dua macam elite yaitu elite eksternal dan elite internal
Jawaban : A
9.  -Elite internal yaitu menyangkut integrasi moral serta solidaritas yang berhubungan dengan perasaan tertentu pada saat tertentu
-Elite eksternal adalah meliputi pencapaian tujuan dan adaptasi, berhubungan dengan problem-problem tang memperlihatkan sifat yang keras
Jawaban : A
10.   -Istilah massa dipergunakan untuk menunjukkan suatu pengelompokkan kolektif lain yang elementer dan spontan, yang dalam beberapa hal menyerupai crowd, tapi yang secara fundamental berbeda dengannya dalam hal-hal yang lain
-Peranan individu-individu di dalam massa tidak penting. Kenyataannya massa adalah bukan terdiri dari individu
Jawaban : B
11.-Kebiasaan, misalnya jika hendak pergi berpamitan kepada orang tua, saling bertanya dan menyapa teman
-Jika kebiasaan dilanggar akan dihukum berat dan di cambuk
Jawaban : B
12.-Sifat monopoli dalam suatu negara yaitu semua peraturan dan perundang-undangan mengenai semua orang tanpa terkecuali
-Negara syah menggunakan kekerasan fisik pada warga negara yang melanggar jika situasi terpaksa
Jawaban : C
13.  -Sikap tunduk papa peraturan, permainan yang tradisional biasanya ada pada masa intelektual seorang anak
-Tidak mau diperintah dan merasa semua orang disekitarnya merasa sayang pada dirinya adalah masa sossial
Jawaban : C
15. Menurut A Lysen, individu berasal dari bahasa latin individiuum. Pengertian individu adalah : B
16. Setiap individu pasti akan mengalami perubahan tahap demi tahap yang sering disebut dengan  pertumbuhan. Pengertian pertumbuhan individu adalah : B
17. Aliran psikologi gestald adalah salah satu aliran yang menyoroti pertumbuhan individu, menurut pendapatan aliran ini : C
18. Aliran asosiasi yang merupakan salah satu aliran yang menyoroti pertumbuhan, berpendapat bahwa : A
19. Salah satu pendirian yang menyoti pertumbuhan individu menyatakan bahwa pertumbuhan individu dipengaruhi oleh faktor-faktor (1)dasar-dasar sejak lahir (2)faktor lingkungan (3)faktor kematangan. Hal ini dikemukakan oleh : B
20. Dalam salah satu tahap pertumbuhannya seorang memiliki perkembangan utama menyangkut pancaindranya, disamping munculnya sifat-sifat seperti timbulanya kenakalan, kesadaran tentang “aku”nya dan keinginan untuk mengalami sesuatu. Hal yang dikemukakan ini merupakan gejala yang berada pada : B
Minggu keempat

1.. Pemuda biasanya ataermasuk dalam satu generasi, sedang gaenerasi itu sendiri
merupakan :
jawab : d. konstruksi pikiran untuk menjelaskan fenomena kesejarahan
2.  Wadah kaderisasi pemuda yang dibentuk pada tahun 1973 oleh pemerintah adalah :
Jawab : b. KNPI
3.      Socialization adalah suatu proses :
Jawab : b.anggota masyarakat di dalam keluarga saling mempelajari norma-norma dan nilai-nilai masyarakat dimana mereka menjadi anggota
4.      Kontak sosial dapat berlangsung dalam 3 bentuk antara lain :
Jawab : d. a, b dan c benar
5.      Ada beberapa keadaan yang merupakan penghalang terhadap terjadinya suatu interaksi sosial, antara lain :
Jawab : d. a, b dan c bernar
6.      Bentuk-bentuk interaksi sosial dapat berupa
Jawab : d. a, b dan c benar
7.      Giilan-Gillin mengadakan penggolongan yang lebih luas lagi tentang proses sosial yang timbul  akibat adanya interaksi sosial, diantaranya adalah :
Jawab : a. proses asosiatip  (processes of association)
8.      Proses asimilasi timbul bila ada :
Jawab : c. dan b benar
9.      Jawab : a. PERNYATAAN 1 & 2 BENAR
10.  Jawab : d. PERNYATAAN 1 & 2 SALAH

Tidak ada komentar:

Posting Komentar